Dasar : Berkenalan dengan Komputer


Dewasa ini, dunia teknologi berkembang begitu cepat. Berbagai inovasi-inovasi di bidang teknologi datang silih berganti. Jika dulu orang-orang mendapat informasi terbaru tiap pagi dari koran atau berita televisi, sekarang hanya dengan sentuhan jempol saja, kita sudah bisa mengakses informasi terbaru hari itu. Komputer. Sebuah perangkat yang dengan perkembangannya membuat kita bisa menikmati fitur berita update hanya dengan sentuhan ibu jari. Lantas, pentingkah kita mengetahui dasar-dasar komputer?

Fungsi Komputer

Komputer memiliki banyak sekali fungsi. Ada yang digunakan untuk memonitor cuaca, ada yang digunakan untuk mengamati benda-benda luar angkasa, dan banyak lagi fungsi-fungsi komputer sesuai jenisnya. Secara kasarnya, komputer melakukan lima fungsi berikut :
  • Mengambil data sebagai input.
  • Menyimpan data/instruksi pada memori dan menggunakannya ketika diperlukan.
  • Memproses data dan mengubahnya ke dalam informasi yang berguna.
  • Mengeluarkan output
  • Mengontrol semua dari empat langkah diatas.


Definisi Komputer

Kita sebagai manusia yang hidup di abad milenia ini, telah sangat bergantung kepada yang namanya komputer. Smartphone-mu itu, apakah itu bukan sebuah komputer mobile? Sebenarnya apakah komputer itu?


Komputer merupakan sebuah perangkat pemroses data elektronik yang menerima dan menyimpan data masukan (input), memroses data masukan dan menghasilkan keluaran (output) dalam format yang diperlukan.

Kelebihan

Dari zaman pertama kali komputer dibuat, komputer memang dibuat untuk diambil kegunaannya. Apa saja kegunaan komputer sekarang? Berikut daftar yang menunjukan kelebihan-kelebihan komputer secara umum :

Kecepatan Tinggi

Komputer merupakan perangkat yang cepat. Ia juga mampu melakukan kalkulasi dengan jumlah data yang besar. Komputer mempunyai unit kecepatan dalam satuan microsecond, nanosecond dan bahkan picosecond. Komputer dapat melakukan jutaan kalkulasi dalam beberapa detik saja. Jelas ini lebih cepat dibandingkan dengan seseorang yang akan menghabiskan berbulan-bulan untuk mengerjakan tugas yang sama.

Akurasi

Selain sangat cepat, komputer juga sangat akurat. Kalkulasinya 99.9% terbebas dari kesalahan. Komputer melakukan semua pekerjaan dengan akurasi 99.9%, asalkan input yang diberikan harus benar.

Kemampuan Penyimpanan

Memory merupakan komponen komputer yang sangat penting. Sebuah komputer mempunyai kapasitas yang jauh lebih banyak dari manusia. Penyimpanan ini dapat menyimpan data dengan jumlah yang besar. Selain itu juga dapat menyimpan berbagai tipe data seperti gambar, video, teks, audio dan lain sebagainya.

Kerajinan

Tidak seperti manusia, komputer terbebas dari monoton, kelelahan dan kurangnya konsentrasi.  Komputer dapat bekerja secara terus menerus dan tanpa bosan. Komputer dapat mengulangi pekerjaan dengan kecepatan dan akurasi yang sama.

Fleksibilitas

Komputer merupakan komputer yang serba guna. Komputer sangat fleksibel dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Mesin ini dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan berbagai bidang. Pada satu kasus, ia dapat menyelesaikan masalah ilmiah yang kompleks dan kemudian bermain kartu, misalnya.

Dapat Diandalkan

Komputer adalah mesin yang dapat di andalkan. Komponen elektronik modern sangat awet, sehingga membuat komputer bisa digunakan untuk waktu yang lama. Komputer di desain dengan pemeliharaan yang mudah.

Otomatisasi

Komputer merupakan mesin yang otomatis
Otomatis disini maksudnya mempunya kemampuan untuk melakukan tugas secara otomatis. Setelah program diberikan kepada komputer, program dan instruksi bisa mengontrol eksekusi proram tanpa interaksi manusia.

Mengurangi Pemakaian Kertas

Penggunaan komputer untuk memroses data dalam sebuah organisasi menyebabkan berkurangnya pemakaian kertas. Data dalam bentuk elektronik bisa diambil ketika diperlukan dan menghindari pemakaian kertas dalam jumlah besar.

Mengurangi Biaya

Meskipun biaya untuk pemasangan komputer itu mahal, tapi banyak sekali pengurangan biaya yang akan didapatkan.

Kelemahan

Selain kelebihan, komputer pun memiliki beberapa kelemahan. Berikut daftar yang menunjukan kelemahan-kelemahan komputer :

Tidak Mempunyai IQ

Komputer adalah suatu mesin yang tidak memiliki kecerdasan untuk melakukan berbagai tugas. Tiap instruksi harus diberikan kepada komputer. Komputer tidak dapat mengambil keputusan sendiri.

Ketergantungan

Komputer berfungsi sesuai instruksi pengguna, sehingga membuat komputer sangat bergantung pada manusia.

Lingkungan

Lingkungan pengoperasian komputer harus cocok dan bebas debu.

Tidak Memiliki Perasaan

Komputer tidak memiliki perasaan atau emosi. Komputer tidak bisa membuat penilaian berdasarkan perasaan, rasa, pengalaman dan pengetahuan, tidak seperti manusia.

Oke, sekian dulu artikel dari kami, semoga bermanfaat! Keep Blogging and Salam Blogger Indonesia!

Related Posts