Dasar : Tipe-Tipe Komputer

Komputer, secara luas dapat dikelompokan dari sisi kecepatan dan daya komputasinya.
No Nama Deskripsi
1.PC (Personal Computer) PC adalah sebuah sistem komputer dengan pengguna tunggal yang dilengkapi dengan microprocessor yang powerful.
2.Workstation Tipe ini juga merupakan komputer dengan pengguna tunggal yang mirip dengan PC, tetapi mempunya microprocessor yang lebih powerful.
3.Mini Computer Komputer ini adalah tipe komputer multi-user yang  mampu mendukung ratusan pengguna secara bersamaan.
4.Main Frame Tipe ini merupakan sistem komputer multi-user yang sanggup mendukung ratusan pengguna secara bersamaan. Teknologi softwarenya yang membedakan dengan tipe Mini Computer.
5.Super Computer Tipe ini adalah komputer yang sangat cepat, yang dapat mengeksekusi ratusan dari jutaan instruksi per detiknya.

PC (Personal Computer) 


Sebuah PC dapat didefinisikan sebagai komputer kecil, yang secara keseluruhan merupakan komputer yang tidak mahal, yang dirancang khusus untuk pengguna individu. PC berbasiskan pada teknologi microprocessor yang memungkinkan pabrik untuk meletakan seluruh CPU dalam satu chip. Dalam perbisnisan biasanya para pelakunya menggunakan PC untuk pemrosesan word, akunting, penerbitan desktop dan untuk menjalankan spreadsheet dan aplikasi pengelolaan database. Di rumah, PC seringkali digunakan untuk bermain game dan berselancar di dunia maya.

Meskipun PC dirancang sebagai sistem untuk pengguna tunggal, sistem ini biasanya dihubungkan bersama ke dalam sebuah jaringan. Dalam hal daya, model high-end dari Macintosh dan PC yang sekarang menawarkan daya komputasi dan grafis yang sama kemampuannya dengan low-end Workstation, yang dibuat Sun Microsystems, Hewlett-Packard and Dell.

Workstation


Workstation adalah sebuah komputer yang digunakan untuk aplikasi teknisi (CAD/CAM), penerbitan desktop, pengembangan perangkat lunak, dan beberapa tipe aplikasi lain yang membutuhkan daya komputasi yang cukup dan biasanya dengan kemampuan grafis berkualitas tinggi.

Workstation, pada umunya datang dengan bentuk yang besar, grafis dengan resolusi tinggi, RAM yang besar, dukungan network yang in-built dan antarmuka pengguna grafis. Kebanyakan workstation juga memiliki perangkat penyimpanan masal seperti disk drive, tapi khusus untuk tipe workstation yang disebut diskless workstation.

Umumnya, workstation menggunakan sistem operasi UNIX dan Windows NT. Seperti halnya PC, Workstation juga komputer dengan pengguna tunggal, tapi secara khusus terhubung secara bersamaan ke dalam jaringan lokal, merkipun mereka juga bisa dipergunakan dalam sistem stand-alone.

Mini Computer


Komputer ini merupakan komputer dengan sistem multi-processing dengan ukuran sedang yang mendukung sampai dengan 250 pengguna secara bersamaan.

Main Frame


Main Frame merupakan komputer dengan ukuran yang sangat besar dan tentunya mahal, dengan kemampuan, mendukung ratusan bahkan ribuan pengguna secara bersamaan.

Baca Juga : Generasi Komputer

Super Computer


Super Computer merupakan salah satu komputer tercepat. Super Computer sangat mahal dan dipekerjakan khusus untuk aplikasi tertentu yang membutuhkan kalkulasi matematika yang besar. Sebagai contoh, perkiraan cuaca, simulasi sains (animasi) grafis, perhitungan dinamika fluida, penelitian energi nuklir, desain elektronik dan analisis data geologi (misalnya di bidang prospeksi petrokimia).

Related Posts