Dasar : Komponen Komputer


Semua tipe komputer mengikuti struktur logika dasar dan melakukan 5 operasi dasar untuk mengubah data mentah yang diinput menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi para penggunanya.
NoOperasi Deskripsi
1. Mengambil Input/Masukan Proses memasukan data dan instruksi kedalam sistem komputer.
2.Menyimpan Data Menyimpan data dan instruksi-instruksi, sehingga data dan instruksi tersebut bisa tersedia dan bisa diakses ketika dibutuhkan
3.Memproses Data Melakukan operasi aritmatika dan operasi logika pada data untuk diubah menjadi informasi yang berguna
4.Informasi Output Proses menampilkan hasil-hasil atau informasi-informasi untuk pengguna, seperti menampilkan laporan atau tampilan visual
5. Mengatur Alur Kerja Mengarahkan bagaimana cara dan urutan semua operasi diatas dilakukan.

Unit Input

Unit ini berisi perangkat-perangkat dengan bantuan yang kita masukan kedalam komputer. Unit ini membuat hubungan antara user dan komputer. Perangkat input menerjemahkan informasi ke dalam bentuk/format yang dapat dipahami oleh komputer.

CPU (Central Processing Unit)

CPU dianggap sebagai otak komputer. CPU melakukan semua tipe operasi pemrosesan data. CPU berfungsi untuk menyimpan data, hasil dan instruksi-instruksi (program). CPU juga mengontrol operasi dari semua bagian komputer. CPU sendiri terdiri dari 3 komponen.
1. ALU (Arithmetic Logic Unit)
2. Memory Unit
3. Control Unit

Unit Output

Unit Output ini terdiri dari perangkat-perangkat yang membatu kita mendapat informasi dari komputer. Unit ini merupakan penghubung antara komputer dan pengguna. Perangkat-perangkat output menerjemahkan output dari komputer ke dalam bentuk/format yang dapat dipahami pengguna.

Oke sekian dulu artikel kami ini, untuk bahasan lebih lanjutnya, silahkan kunjungi artikel kami yang lain. Jangan lupa bahagia!

Related Posts