Info : Bagaimana Mesin Pencari 'Google' Bekerja


Untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan dari Internet, biasanya kita menggunakan Search Engine atau Mesin Pencari. Cukup dengan mengetikan beberapa kata kunci yang kita inginkan, si mesin pencari akan bekerja mencari situs-situs yang berkaitan dengan apa yang kita cari. Telah banyak mesin-mesin pencari yang tersedia, salah satunya adalah mesin pencari raksasa milik Google. Jika kita pikirkan lagi, sebenarnya bagaimana mesin pencari, mencari apa yang kita inginkan, dan bagaimana mesin pencari bisa menampilkan ribuah bahkan lebih hasil yang kita cari.

Bagaimana Mesin Pencari Google Bekerja?

Hal pertama yang perlu dipahami adalah saat melakukan penelusuran Google, Anda tidak benar-benar menelusuri web. Anda menelusuri indeks web milik Google, atau setidaknya sebanyak itulah yang ditemukan Google. Google melakukannya dengan program perangkat lunak bernama spiders. Spiders memulai dengn mengambil beberapa laman web, lalu mengikuti tautan pada laman tersebut dan mengambil laman yang dituju, dan mengikuti semua tautan pada laman tersebut serta mengambil laman yang tertaut dan seterusnya, hingga Google mengindeks potongan web yang cukup besar, bahkan sampai miliaran laman yang disimpan di ribuan komputer.


Sekarang, anggap saya ingin tahu apa itu hosting. Saya mengetikan penelusuran, katakanlah, pengertian hosting dan lalu menekan enter. Perangkat lunak Google akan menelusuri indeks untuk menemukan setiap laman yang mencakup istilah tersebut. Dalam kasus ini ada ratusan dari ribuan hasil yang mungkin. Bagaimana Google menentukan dokumen yang benar-benar saya inginkan? Dengan bertanya. Lebih dari 200 pertanyaan. Misalnya, berapa kali laman ini berisi kata kunci yang diketikkan? Apakah kata tersebut muncul dalam judul, URL, berdekatan secara langsung? Apakah lama berisi sinonim kata? Apakah laman ini dari situs web yang bermutu, atau berkualitas rendah, bahkan mengirim spam? Bagaimana PageRank laman tersebut? Itu adalah formula yang ditemukan oleh pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin yang menilai pentingnya laman web lewat berapa banyak tautan yang menuju ke situ, dan seberapa penting tautan tersebut.

Akhirnya Google menggabungkan semua faktor jadi satu untuk hasilkan skor keseluruhan tiap laman dan mengirim hasil penelusuran kembali pada anda setengah detik setelah Anda mengirim penelusuran. Google berkomitmen untuk memberikan hasil penelusuran yang berguna dan tak memihak dengan serius. Google tak pernah menerima bayaran untuk menambah situs ke indeks, memperbaharuinya lebih sering atau meningkatkan peringkatnya.


Lihat hasil penelusuran saya. Tiap entri meliputi judul, URL, dan cuplikan teks untuk membantu saya menentukan apakah laman ini yang saya cari atau bukan. Saya juga melihat tautan ke laman yang mirip, versi penyimpanan Google terbaru dari laman tersebut dan penelusuran terkait yang mungkin ingin saya coba nanti. Kadang, disisi kanan dan atas, saya melihat iklan. Google juga menangani bisnis periklanan dengan serius, memberikan pemirsa terbaik yang mungkin untuk pengiklan dan berusaha hanya menampilkan iklan yang benar-benar ingin Anda lihat adalah komitmen Google. Google sangat hati-hati dalam membedakan iklan Anda dari hasil penelusuran reguler dan Google tidak akan menampilkan iklan jika tak dapat menemukan apapun yang dirasa dapat membantu anda menemukan informasi yang dicari yang dalam kasus ini yaitu hosting.

Related Posts