Tutorial : Berkenalan dengan Microsoft PowerPoint 2016 #2


Setelah kemarin kita telah membahas cara memulai program untuk slide presentasi ini, alangkahbaiknya kita mengenal bagian-bagian dalamnya juga. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang.


Antarmuka Microsoft PowerPoint 2016

Screenshoot dibawah menunjukan bagian-bagian dalam sebuah file standar PowerPoint. Ini sangat penting agar kita familiar dengan bagian-bagian tersebut, supaya kita lebih mudah dalam mempelajari dan menggunakan PowerPoint.


Tab File

Tab ini membuka tampilan backstage yang pada dasarnya memungkinkan pengelolaan file dan setelan PowerPoint. Kita bisa menyimpan presentasi, membuka satu yang sudah ada dan membuat presentasi baru berdasarkan template kosong atau template yang sudah disediakan. Operasi file lain yang berkaitan pun, dapat dieksekusi dari tampilan ini.

Ribbon


Ribbon berisi tiga komponen :
Tabs : Tab ini muncul diseberang Ribbon paling atas dan berisi grup perintah yang saling berkaitan. Home, Insert, Page Layout adalah beberapa contoh dari tab Ribbon.
Groups : Group ini mengorganisir perintah yang saling berhubungan; tiap nama kelompok yang muncul dibawah group pada Ribbon. Sebagai contoh, group perintah yang berelasi untuk pengaturan font atau group perataan teks dan lain-lain.
Commands : Command ini muncul dalam tiap group yang disebutkan diatas.

Title Bar

Bagian ini adalah bagian teratas dari jendela PowerPoint. Bagian ini menampilkan nama file yang diikuti dengan nama program yang dalam kasus ini adalah program Microsoft PowerPoint.

Slide Area

Ini adalah area dimana slide yang sebenarnya dibuat dan di edit. Kita dapat menambahkan, meng-edit dan menghapus teks, gambar, bentuk dan multimedia.

Tell Me What You Want to Do


Bagian ini termasuk ke bagian tab file, tetapi bagian ini sangat berbeda dengan yang lainnya. Terdapat icon bohlam bersama tulisan tersebut. Jika di klik maka kita akan menemukan kotak untuk mengetikan teks. Tab ini berfungsi untuk melihat tips dan bantuan.


Zoom Options

Kontrol Zoom memungkinkan kita untuk memperbesar tampilan supaya kita bisa melihat dengan dekat. Kontrol Zoom terdiri dari sebuah slider yang bisa kita geser ke kiri atau ke kanan untuk memperbesar atau memperkecil, tombol - dan + untuk membesarkan atau mengecilkan faktor zoom. Zoom maksimal yang didukung oelh Microsoft PowerPoint adalah 400% dan 100% yang diketahui dari tanda yang berada di tengah.

Slide Views

Group dari empat tombol yang terletak di sebelah kiri kontrol Zoom, dan di bagian bawah layar, digunakan untuk beralih tampilan.
Normal Layout view : Tampilan halaman ini berada pada tampilan normal dengan slide di sebelah kanan dan daftar thumbnail di sebelah kiri. Tampilan ini memungkinkan kita untuk meng-edit satu slide dan juga mengatur kembali.
Slide Sorter view : Tampilan ini menampilkan slide sebagai sebuah matrix. Tampilan ini hanya digunakan untuk mengatur kembali slide, tetapi bukan untuk meng-edit konten dari tiap slide.
Reading View : Tampilan ini mirip seperti slide show dengan akses ke task bar windows, yang pada kasus ini kita harus beralih jendela terlebih dahulu. Namun, ya namanya juga slide show, kita tak bisa meng-edit apa-apa dalam tampilan ini, dan jika kita meng-klik, slide presentasi akan beralih ke slide selanjutnya.

Notes Section

Bagian ini memungkinkan kita untuk menambahkan catatan untuk presentasi. Note ini tidak akan ditampilkan pada layar selama presentasi; bagian ini hanyalah referensi untuk sang presenter.

Quick Access Toolbar

Quick Access Toolbar ini berada di samping Title bar. Toolbar ini menyediakan kemudahan tempat untuk group perintah yang umum digunakan pada PowerPoint. Kita dapat mengkostumisasi toolbar ini untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

Slide Tab

Bagian ini hanya tersedia dalam mode Normal view. Bagian ini menampilkan semua slide secara berurutan. Kita bisa menambahkan, menghapus dan menyusun ulang dari bagian ini.

Related Posts