Tutorial : Belakang Panggung (Ms. PowerPoint 2016)


Pada versi sebelum 2007, tampilan backstage atau artinya belakang panggung, masih belum ada. Jadi ketika kita mengklik menu File, tampilannya akan sama dengan ketika kita meng-klik menu lainnya, ada sub-menu atau menu dropdown-nya. Kemudian setelah versi tersebut, ada tampilan baru, yang tujuannya untuk mempermudah para pengguna, yaitu tampilan backstage.

Backstage Microsoft PowerPoint

Pada Office 2016, Microsoft masih menggunakan menu 'file' seperti pada Microsoft 2013 dan 2010, yaitu backstage view, hanya tampilannya saja yang berubah sedikit. View ini tidak hanya menampilkan item menu yang ada di bawah menu file, tapi ada beberapa tambahan detail yang membuat pengelolaan file jauh lebih mudah.


Mengakses Tampilan Backstage


Anda dapat mengakses tampilan backstage ini dengan mudah, cukup dengan mengklik tab 'File'.  Untuk keluar dari tampilan ini, anda hanya perlu meng-klik tanda panah ke kiri, atau dengan meng-klik Esc pun bisa.


Organisasi Backstage

Tampilan backstage ini mempunyai 3 bagian atau panel.
Panel Pertama : Disini terdapat panel perintah yang menyusun semua perintah yang bisa anda temui di menu file pada versi-versi sebelumnya. Anda juga mempunya menu Options untuk mengedit pilihan pada program, misalnya seperti mengkostumisasi ribbon.

Berbagai perintah dibawah panel pertama ini dideskripsikan pada tabel dibawah
Perintah
Deskripsi
Save
Memungkinkan kita untuk menyimpan file baru atau file yang telah ada. Jika anda bekerja dengan file yang sudah ada sebelumnya, perintah ini akan menyimpan file, sesuai file sebelumnya, tentunya dengan perubahan barunya. Jika anda bekerja dengan file baru, perintah ini akan sama seperti perintah Save As.
Save As
Memungkinkan kita untuk menentukan nama file dan tipe file sebelum penyimpanan.
Open
Memungkinkan kita untuk membuka file PowerPoint.
Close
Untuk menutup file yang sudah ada.
Info
Menampilkan informasi tentang file sebelumnya.
New
Untuk membuat file baru dengan menggunakan template kosong atau template yang sudah tersedia.
Print
Memungkinkan kita untuk memilih pengaturan printer dan mencetak presentasi.
Share
Memungkinkan kita untuk membagikan presentasi kita dengan pemirsa, baik itu via email, web, layanan cloud dan lain-lain.
Account
Untuk menyinkronkan akun outlook dengan PowerPoint
Export
Untuk mengekspor slide/file kita menjadi berbagai format, misalnya menjadi sebuah video.

Panel Kedua : Bagian ini adalah panel sub-perintah. Panel ini berisi daftar perintah yang berhubungan dengan perintah utama yang anda pilih pada panel pertama. Sebagai contoh, jika anda memilih Print pada panel pertama, anda akan menemui pilihan printer dan penyesuaian pengaturan print pada panel kedua.

Panel Ketiga : Panel ini berisi preview atau informasi pada panel kedua. Bergantung pada perintah dan sub-perintah yang anda pilih, panel ini akan menampilkan, antara properti file atau memberi anda preview file.

Related Posts